Wednesday, July 12, 2017

Contoh Jenis Usaha Modal Kecil yang Berpotensi Bagus

Jenis usaha dengan modal kecil yang berpotensi - Tahap awal dalam memulai sebuah bisnis adalah menentukan jenis bisnis yang akan digeluti. Bagaimana cara kita menentukan pilihan akan berpengaruh pada sukses dan tidaknya bisnis tersebut.

Contoh Usaha Modal Kecil Berpotensi Bagus

Bisnis atau usaha tersebut harus dimulai dengan dasar peluang yang bagus agar dapat memberikan kesuksesan kepada kita. Tak salah memang jika kita akan meneliti berbagai usaha yang berpotensi bagus khususnya untuk jelas usaha dengan modal kecil.

Tentunya tidak semua hal akan kita bahas disini, kita hanya akan fokus pada hal yang berkaitan dengan usaha modal kecil untuk kita jalankan.

Pembahasan ini mudah-mudahan bisa menjadi dasar pertimbangan kita dalam memilih dan menentukan bisnis atau usaha apa yang cocok, bagus dan memiliki potensi sukses untuk kita buka.

Kita akan mulai dengan menganalisa beberapa jenis usaha yang hanya membutuhkan modal yang sedikit dan kemudian kita akan mencoba mengulas mengenai potensi dari usaha tersebut.

Berbicara mengenai usaha modal kecil yang potensinya bagus itu berarti kita akan menetapkan dua kriteria khusus dalam pemilihan jenis usaha yang akan kita jalankan yaitu:

1. Usaha dengan modal kecil
2. Usaha dengan potensi yang bagus

Penggabungan dari dua hal di atas yang akan kita cari yaitu kita akan mencari suatu bisnis atau usaha yang tidak membutuhkan modal besar tetapi memiliki peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Akan sedikit panjang mungkin tapi tidak apa-apa demi kesuksesan bersama maka kita bahas hal tersebut sampai tuntas. Dengan begitu kita akan tahu jenis usaha yang baik dilihat dari apa saja?

1) Jenis Usaha dengan Modal Kecil

Jika kita telah mengambil keputusan untuk memulai sebuah usaha namun dengan modal yang terjangkau maka kita bisa memulai untuk membangun usaha kecil yang modalnya tidak terlalu banyak.

Untuk itu kita akan mencari usaha apa saja yang bisa kita jalankan dengan kondisi permodalan tersebut. Untuk bahan kajian saja, berikut beberapa jenis usaha yang tidak membutuhkan terlalu banyak modal:

3. Menjual Gorengan
4. Pembuatan Es Batu

Bisnis atau usaha jual pulsa adalah satu jenis usaha yang dapat kita jalankan dengan modal yang terbatas. Usaha ini tidak begitu membutuhkan banyak alat dan bisa dijalankan sebagai usaha sampingan.

Kalau dilihat dari kebutuhan masyarakat akan pulsa sebenarnya peluang usaha ini masih cukup bagus namun jika kita hendak membukanya maka tetap perlu analisa yang lebih jauh. Jenis bisnis kedua yang bisa kita jalankan dengan modal yang terbatas adalah usaha laundry khususnya yang antar jemput.

Tidak banyak modal yang kita butuhkan, bahkan untuk mesin laundry pun kita bisa mencari kredit dan di angsur. Tapi jika memang kita ingin mendirikan usaha ini kita harus menganalisa pangsa pasar dan potensi konsumen yang ada di sekitar usaha yang akan didirikan.

Gorengan adalah satu cemilan yang tak surut pembeli. Usaha yang sederhana ini bisa kita jalankan dengan modal yang cukup kecil namun dengan keuntungan yang lumayan. Lihat saja, banyak penjaja gorengan di pinggir jalan yang selalu saja setia menanti kita.

Bahkan, dari satu kisah pernah ada satu penjual gorengan yang mengatakan bahwa omset gorengan bisa mencapai ratusan ribu sehari. Es batu juga bisa menjadi satu usaha yang bisa kita jalankan jika kita memiliki keterbatasan dana.

Yang membutuhkan es batu banyak lho, jangan dianggap remeh. Yang terakhir, dengan modal terbatas kita bisa memulai bisnis jual beli khususnya melalui internet atau sosial media. Bisnis jual baju ini modalnya kecil karena sistem yang digunakan adalah pesan barang terlebih dahulu.

2) Contoh Usaha Modal Kecil dan Berpotensi Bagus

Sebagus apapun potensi suatu bisnis sukses tidaknya akan tergantung dengan bagaimana cara kita mengelola usaha tersebut. Tapi pertimbangan awal dalam menentukan jenis usaha yang dijalani juga tak kalah penting dengan hal tersebut.

Jelas, kita harus memilih satu yang memiliki peluang yang cukup besar. Kalau dilihat dari berbagai jenis usaha di atas lalu manakah yang potensinya bagus?

Bagus atau tidaknya sebuah usaha dipengaruhi oleh lokasi usaha tersebut. Sebagai contoh, di daerah asal saya usaha gorengan memiliki peluang yang sangat menjanjikan.

Hal ini disebabkan karena masyarakat sekitar masih tergolong masyarakat menengah kebawah. Mereka suka jajan, santai di sore hari setelah pulang dari kebun dengan menyantap hidangan enak tetapi harganya murah. Ini yang menjadikan usaha gorengan menjadi sasaran yang tepat untuk kebutuhan mereka.

Usaha gorengan tersebut menjadi usaha modal kecil yang potensinya bagus di daerah tersebut namun di daerah lain belum tentu demikian. Usaha ini cocok dijalankan di daerah dengan tipe masyarakat yang suka jajan namun dengan tingkat pendapatan yang cenderung kecil.

Di daerah lain yang penghasilan masyarakatnya bagus tentu gorengan akan menjadi sesuatu yang kurang diminati. Bisa kita tarik kesimpulan bahwa untuk mendapatkan atau menentukan layak tidaknya sebuah usaha dikatakan prospek adalah dengan melakukan analisa di daerah yang akan didirikan.

Jika kita ingin mendirikan usaha Laundry Antar Jemput misalnya maka kita harus melihat dan menganalisa langsung prospeknya dengan datang ke tempat dimana usaha tersebut akan dibangun. Atau kita bisa sederhanakan masalah ini sebagai berikut.

Jika jenis usahanya telah ditetapkan maka kita harus mencari tempat yang bagus untuk usaha tersebut. Jika tempatnya yang sudah ditentukan maka kita harus mencari jenis usaha yang cocok dan berpotensi

Itulah sedikit dari pembahasan kali ini. Kesimpulannya adalah jika kita ingin mengetahui usaha modal kecil yang berpotensi maka kita harus melakukan survey dan analisa terhadap tempat dan potensi konsumen yang ada. 

Contoh Jenis Usaha Modal Kecil yang Berpotensi Bagus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko