Tuesday, July 11, 2017

Berbagai Jenis Hambatan Usaha Kecil yang Perlu Diketahui

Berbagai Jenis Hambatan Usaha Kecil yang Perlu Diketahui - Usaha dengan skala kecil memang menjadi salah satu pembahasan yang cukup panjang di sini. Memang, hal ini disebabkan karena khusus untuk bisnis seperti ini memang perlu persiapan yang cukup baik.

Hambatan - Hambatan Usaha Kecil

Berbagai analisa juga sangat diperlukan sebelum menjalankan atau membuka bisnis ini. Kalau kemarin kita sudah mencoba membahas mengenai tips sukses usaha modal kecil sekarang yang akan kita pelajari adalah beberapa hambatan usaha kecil yang sering dijumpai dalam bisnis ini.

Kenapa kita harus mempelajari mengenai hambatan usaha tersebut? Apakah tidak cukup bagi kita hanya mempersiapkan segala sesuatunya dengan perencanaan yang matang?

Tentu saja tidak, dalam berbagai pembahasan yang lalu juga telah ditekankan bahwa sebelum membuka sebuah bisnis kita harus mempelajari berbagai aspek yang berkaitan dengan hal tersebut. Ada analisa peluang usaha, membuat perencanaan yang matang, mempersiapkan sarana dan prasarana dan lain sebagainya.

Khusus untuk pembahasan ini kita akan mengulas lebih detail mengenai gambaran berbagai kesulitan yang akan dihadapi oleh kita sebagai pelaku usaha.

Disini kita akan membahas berbagai kendala yang dihadapi, mempelajari seberapa besar pengaruhnya terhadap bisnis kita dan bagaimana cara mengatasi berbagai kendala tersebut.

Diharapkan dengan membahas berbagai informasi berkaitan dengan hambatan usaha kecil tersebut maka usaha yang kita jalankan bisa berjalan lebih lancar.

1) Hambatan dari Faktor Internal

Berbagai hambatan usaha yang sering dihadapi oleh pelaku usaha skala kecil dapat berasal dari berbagai faktor baik faktor internal maupun faktor eksternal. Untuk faktor internal, berbagai hambatan cenderung berasal dari dalam usaha itu sendiri. Hambatan ini bisa berasal dari pelaku usahanya sendiri, sarana prasarana dan lain sebagainya.

Berbagai hambatan atau kesulitan yang berasal dari faktor internal sebenarnya dapat kita kenali dengan mudah jika kita mengadakan analisa dan persiapan sebelum mendirikan sebuah usaha kecil. Beberapa yang tercatat menjadi kendala dari faktor internal yaitu antara lain sebagai berikut:

1. Kurangnya Permodalan dan Terbatasnya Akses Pembiayaan
2. Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)
3. Lemahnya Jaringan Usaha dan Kemampuan Penetrasi Pasar
4. Mentalitas Pengusaha

Biasanya, kebanyakan pelaku bisnis kecil memang memiliki keterbatasan dalam hal dana atau modal. Hal ini jelas terlihat dari skala usaha yang dijalankan. Kan bisa dilihat, jika modalnya banyak maka usaha yang akan dibuka tentu skala-nya bisa lebih besar.

Kebanyakan dari kita pelaku bisnis kecil sebenarnya telah mengetahui dan menyadari besar mengenai tantangan yang satu ini. Namun meski begitu tidak semua dari kita mampu merumuskan strategi pemecahan masalah untuk permodalan tersebut.

Kaum profesional yang memiliki kemampuan memadai mampu mendirikan sebuah usaha yang diinginkan. Meski tidak memiliki modal yang cukup mereka mampu mencari sumber pendanaan sehingga bisnis yang didirikan bisa lebih besar.

Berbeda dengan kita yang memang juga memiliki keterbatasan dalam hal kemampuan. Ini menjadi hambatan berikutnya yang sebenarnya harus kita pikirkan dan kita pecahkan. Kualitas sumber daya manusia yang kurang mendukung juga banyak menjadi kendala bagi kita yang memiliki bisnis kecil ini.

Bukan hanya itu, jaringan usaha dan penetrasi pasar juga menjadi hal berikutnya yang dapat menghantui kita dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis tersebut. Apalagi jika kita melihat pada kualitas diri kita yang sering kali kurang memiliki mentalitas sebagai pengusaha yang sukses.

Berbagai permasalahan atau hambatan di atas tentunya memang bersumber dari dalam bisnis kita sendiri. Karena itulah penting bagi kita untuk mengenali dan mendalami berbagai masalah tersebut agar dapat merumuskan penyelesaian masalah yang dibutuhkan.

2) Hambatan dari Faktor Eksternal

Selain dari pada yang sudah dijelaskan di atas, berbagai faktor eksternal juga ada yang menjadi hambatan bagi berjalannya usaha kecil yang kita dirikan. Berbagai hambatan usaha kecil dari faktor eksternal tersebut mau tidak mau memang mempengaruhi kelancaran usaha yang kita miliki. Lalu apa saja hambatan eksternal tersebut?

Untuk jenis hambatan yang dapat dan sering ditemui oleh pelaku usaha khususnya skala kecil bisa datang dari berbagai sisi. Berikut beberapa contoh kendala atau hambatan tersebut:

1. Terbatasnya Sarana dan Prasarana Usaha
2. Pungutan Liar
3. Persaingan dari luar
6. Sifat Produk dengan Ketahanan Pendek
7. Terbatasnya Akses Pasar
8. Terbatasnya Akses Informasi

Poin pertama akan tergantung pada daerah tempat yang kita dirikan. Dalam hal ini sarana dan prasarana yang bisa menjadi hambatan sebagai contoh adalah akses jalan, sarana tempat (ruko dan sebagainya) dan berbagai sarana umum lain yang berkaitan.

Ada juga masalah pungutan liar atau pungli yang menjadi masalah tersendiri bagi pelaku usaha kecil. Meski terkadang nilainya tak seberapa namun pada kenyataan sehari-hari sering ada satu dua tiga bahkan lebih pungutan yang harus di bayarkan oleh seorang pelaku usaha. Selain mengurangi pendapatan hal ini juga cukup memusingkan bagi pelaku usaha.

Belum lagi jika ditambah dengan persaingan, sebagai contoh sistem pasar bebas yang suka atau tidak suka akan memaksa seluruh pelaku untuk bersaing dengan berbagai pengusaha lain. Ini tentu bisa menjadi kendala yang cukup serius dan perlu kita pertimbangkan dengan matang.

Selain itu ada beberapa kendala lain yang mesti kita pecahkan yaitu masalah ketahanan produk, akses pasar yang terbatas dan juga akses informasi yang kurang memadai. Kesemuanya itu harus benar-benar kita analisa dengan baik agar kita dapat merumuskan berbagai strategi penyelesaian yang tepat.

Berbekal dengan pengalaman usaha yang minim dan keterbatasan lain berbagai hambatan usaha kecil tersebut di atas jika kita diperhitungkan tentu saja bisa menjadi bumerang bagi kita semua. Akan lebih baik jika kita mampu mengetahui berbagai kendala yang akan kita hadapi di depan. 

Berbagai Jenis Hambatan Usaha Kecil yang Perlu Diketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma