Wednesday, May 3, 2017

Bisnis Makanan Online, Coba Tips Jitu Memulai Bisnis Berikut!

Tips Memulai Bisnis Online di Bidang Makanan - Karena masih baru pertama kali ingin membuka bisnis di bidang kuliner biasanya kita akan sedikit bingung untuk memulainya, apalagi jika bisnis ini akan kita dirikan dengan sistem online menggunakan internet. Untuk itu kali ini kita akan berbicara banyak mengenai bagaimana memulai bisnis online di bidang makanan.

Memulai Bisnis Online di Bidang Makanan

Tentu saja di sini kita akan membahas berbagai langkah yang bisa kita lakukan untuk mengawali bisnis yang kita inginkan. Jika kita telah menyimpulkan bahwa peluang bisnis jual makanan secara online merupakan bisnis yang bagus maka apa yang akan kita bahas adalah langkah nyata yang akan mewujudkan ide yang kita dapat tersebut.

Pertama sekali, untuk mengawali kegiatan bisnis yang akan kita jalankan tentu saja kita harus memastikan dulu bahwa bisnis yang di pilih merupakan bisnis yang bagus. Kita tentunya harus mengadakan analisa untuk dapat menentukan apakah bisnis ini cukup menjanjikan atau tidak.

Tanpa dasar peluang atau prospek yang bagus maka kita akan sulit untuk mengembangkan bisnis yang kita harapkan tersebut. Oleh karena itu langkah paling pertama yang akan kita lakukan adalah mencari informasi mengenai peluang bisnis ini.

Dalam menentukan peluang bisnis online di bidang makanan ini kita bisa mencari informasi mengenai berbagai aspek pokok yang mempengaruhi peluang atau prospek bisnis ini. Beberapa aspek yang harus kita telusuri antara lain mengenai jumlah asumsi calon konsumen, kebutuhan konsumen, lokasi bisnis, ketersediaan bahan baku, sarana dan prasarana serta mengenai permodalan.

Untuk pembahasan lebih jelas mengenai peluang bisnis ini kita bisa membaca artikel terpisah yaitu: peluang jual makanan online.

Setelah kita memastikan bahwa prospek atau peluang bisnis ini bagus dan layak untuk kita kerjakan maka kita bisa melangkah ke tahap berikutnya. Beberapa tahapan dalam memulai bisnis secara online di bidang kuliner ini antara lain sebagai berikut.

1. Menyiapkan sarana dan prasarana

Tahap awal kita akan menyiapkan sarana dan juga prasarana yang akan kita gunakan dalam menjalankan bisnis ini. Yang kita butuhkan dalam hal ini adalah sebuah situs jual beli (situs web) untuk mengenalkan produk kita kepada masyarakat luas.

Untuk masalah situs web ini kita bisa membuat sendiri situs yang kita butuhkan tersebut atau kita juga bisa memesan kepada penyedia jasa pembuatan situs jual beli.

Selan situs kita juga membutuhkan berbagai akun media sosial untuk menunjang kegiatan pemasaran produk yang akan kita lakukan. Untuk itu kita menyiapkan sendiri akun media sosial tersebut, beberapa akun media sosial yang sering kita butuhkan antara lain sebagai berikut:

a. Facebook
b. Twitter
c. Instagram

Itu adalah beberapa contoh sarana dan prasarana yang bisa kita siapkan untuk memulai bisnis jual beli online ini. Selain sarana di atas jika masih ada yang lain kita bisa menyiapkannya langsung setelah sarana inti di atas siap digunakan.

2. Menyiapkan sistem pembayaran dan pengiriman barang

Hal penting yang juga harus kita siapkan selain situs adalah sistem pembayaran dan juga sistem pengiriman barang yang kita jual. Persiapan ini kita bisa memilih sistem pembayaran yang akan kita gunakan untuk bertransaksi dengan konsumen, biasanya paling umum menggunakan media transfer antar rekening.

Selain menyiapkan sistem pembayaran yang akan digunakan kita juga akan menyiapkan metode pengiriman barang. Untuk pengiriman kita tinggal memilih media pengiriman yang kita inginkan, misalnya saja kita bisa menggunakan sistem pengiriman via post, pengiriman melalui Tiki dan lain sebagainya.

Yang perlu dipertimbangkan dalam memilih sistem pembayaran dan pengiriman ini adalah dari aspek kemudahan bagi konsumen. Usahakan kita memilih media pembayaran yang paling mudah digunakan oleh konsumen. Kita juga sebaiknya menggunakan sistem pengiriman yang bisa menjangkau ke seluruh lokasi konsumen tentunya dengan biaya yang tidak memberatkan konsumen.

3. Menyiapkan sampel produk

Sampel produk akan kita gunakan untuk perkenalan. Dari sampel produk tersebut kita akan mengambil gambar-gambar yang akan kita gunakan dalam media online. Perlu diperhatikan bahwa sampel ini harus kita buat yang terbaik sebagai wakil atau contoh yang bisa dilihat oleh calon pelanggan.

Dalam memberikan sampel produk ini jangan sampai kita melakukan kecurangan atau penipuan. Hendaknya kita hanya menggunakan sampel yang benar-benar merupakan produk kita yang sesuai dengan apa yang akan konsumen dapatkan jika memesan produk makanan kepada kita.

Jangan ada perbedaan antara sampel atau contoh yang diberikan dengan barang yang diterima konsumen agar kepercayaan konsumen bisa terjaga dengan baik.

4. Melakukan pemasaran

Sistem pemasaran yang bisa kita lakukan - setelah semua hal benar-benar siap - adalah menggunakan pemasaran di internet. Caranya kita mulai meningkatkan impresi tampilan situs jual beli kita agar banyak yang berkunjung ke situs tersebut.

Kita bisa memanfaatkan periklanan online atau juga menggunakan media periklanan di televisi untuk mengenalkan keberadaan situs jual beli kita. Selain melakukan pemasaran dengan situs kita juga akan melakukan pemasaran menggunakan media lain yaitu sosial media.

Kita bisa mulai membuat grup, halaman media sosial dan lain sebagainya. Intinya kita mulai menawarkan berbagai produk makanan yang kita jual tersebut ke berbagai pengguna internet aktif.

Sistem pemasaran atau promosi yang paling mendukung dalam bisnis online ini adalah menggunakan promosi melalui iklan. Banyak pilihan iklan yang bisa kita gunakan contohnya sebagai berikut:

a. Iklan ppc lokal
b. Iklan banner impresi
c. Iklan media sosisal

Semua media promosi tersebut tentu membutuhkan modal dan harus kita atur alokasi anggarannya sesuai dengan keadaan bisnis yang kita jalankan. Yang perlu dicatat untuk bisnis baru adalah hendaknya kita tidak terlalu membabibuta dalam melakukan promosi menggunakan periklanan tersebut.

Kita harus memiliki rencana yang matang dan juga memilih periklanan yang bagus agar uang yang kita keluarkan tidak terbuang percuma.

5. Melakukan pembukuan

Setelah bisnis online di bidang makanan ini berjalan maka kita hendaknya juga melakukan pembukuan. Kita harus membuat pembukuan yang rapi untuk berbagai aktivitas bisnis yang kita lakukan.

Semua pengeluaran harus dicatat, semua pemasukan meski kecil juga harus kita catat. Pembukuan yang baik akan membantu kita dalam melakukan evaluasi terhadap kinerja bisnis yang kita jalankan tersebut.

Dengan mengacu pada pembukuan kita bisa mengetahui perkembangan bisnis yang kita jalankan ini dari waktu ke waktu. Selain pembukuan, kita juga hendaknya melakukan pengelolaan bisnis dengan manajemen yang baik agar bisnis ini bisa berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Demikian beberapa hal yang bisa kita pertimbangkan dalam memulai bisnis menggunakan media internet ini. Semoga pembahasan ini bisa menjadi bahan ide dan juga pertimbangan kita semua dalam memulai dan juga menjalankan bisnis online yang bergerak di bidang kuliner tersebut. Itu saja, beberapa pembahasan lain bisa kita baca di bagian akhir tulisan ini.

Bisnis Makanan Online, Coba Tips Jitu Memulai Bisnis Berikut! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko