Wednesday, May 27, 2015

Usaha Kuliner Kudapan Puasa (Takjil) Untung Besar

Usaha Kuliner Kudapan Puasa (Takjil) -Bulan puasa adalah bulan yang sangat istimewa bagi kaum muslim. Di bulan ini kebahagiaan yang dirasakan bukan hanya karena bisa menjalankan ibadah puasa melainkan karena di bulan ini biasanya berbagai macam sajian istimewa akan dihidangkan.

Kebiasaan menyantap berbagai makanan spesial membuat bulan Ramadhan menjadi bulan rejeki bagi sebagian masyarakat terutama yang suka menjalankan bisnis musiman misalnya berjualan kudapan puasa.

Bisa kita lihat sendiri, di bulan puasa akan banyak pasar dadakan atau pasar kaget yang menjual berbagai takjil berbuka puasa mulai dari minuman sampai pada berbagai macam kue. Sekedar untuk gambaran bagi kita yang berniat menjalankan usaha musiman di bulan Ramadhan, berikut akan kita bahas mengenai jenis usaha kuliner takjilan atau usaha kuliner kudapan puasa.

Melalui sedikit gambaran bisnis takjilan bulan puasa ini maka kita akan mencari tahu dan menelusuri bagaimana prospek atau peluang dari jenis usaha musiman tersebut. Apakah peluang usaha jual menu buka puasa cukup menjanjikan, mari kita simak ulasan berikut.

Kalau dilihat dari tingginya kebutuhan akan kudapan puasa (takjil) atau menu berbuka maka indikasinya adalah bahwa usaha di bidang ini tentu memiliki peluang yang cukup bagus. Hanya saja, usaha ini hanya bisa dijalankan selama bulan puasa saja yaitu kurang lebih satu bulan.

Jika di ukur dari lamanya usaha ini bisa berjalan maka usaha musiman yang satu ini tentu saja penghasilannya akan terbatas. Namun jika dibandingkan dengan usaha musiman lain maka usaha di bulan puasa ini juga tidak begitu buruk mengingat minat masyarakat umumnya meningkat tajam.

Agar dapat mengukur bagaimana besar kecilnya peluang untuk usaha ini maka kita tetap harus terjun ke lokasi dimana usaha tersebut akan dijalankan. Dilokasi tersebut kita bisa menganalisa bagaimana keadaan calon konsumen yang akan di bidik misalnya yaitu:

1) Bagaimana kebiasaan masyarakat setempat
2) Bagaimana kemampuan daya beli
3) Apakah lokasinya strategis, ramai atau tidak

Pokoknya sebelum kita membuka usaha ini sebaiknya kita survei terlebih dahulu bagaimana keadaan lingkungan di sekitar lokasi usaha tersebut, apakah mendukung atau tidak. Sekedar untuk bahan pertimbangan saja, Usaha Kuliner Kudapan Puasa (Takjil) ini cenderung akan lebih ramai jika:

a) Dijalankan di lokasi yang ramai dan strategis
b) Di jalankan di sekitar lingkungan masyarakat yang sibuk
c) Di jalankan di lingkungan mahasiswa dan pelajar yang tinggal di kontrakan/kost
d) Dijalankan di lingkungan perkotaan yang padat, sibuk dan ramai

Usaha Kuliner Kudapan Puasa (Takjil)

Itulah sedikit gambaran mengenai Usaha Kuliner Kudapan Puasa (Takjil), semoga bisa menjadi sumber inspirasi dan ide usaha yang bisa kita pertimbangkan. Jalan lupa untuk melakukan analisis yang lebih mendalam sebelum menjalankan bisnis atau usaha apapun. Itu saja, terima kasih dan salam sukses selalu dari kami!

Usaha Kuliner Kudapan Puasa (Takjil) Untung Besar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko