Monday, May 1, 2017

Yang Harus Dilakukan Saat Hadapi Kendala Hambatan Bisnis

Yang Harus Dilakukan Hadapi Kendala Bisnis - Namanya juga usaha jadi sering kali bahkan sebelum memulainya pun kita sudah di buat pusing dengan berbagai persiapan yang harus di lakukan. Selain mempersiapkan berbagai sarana prasarana kita juga biasanya akan menyiapkan pola pengelolaan atau manajemen bisnis yang akan dilakukan.


Untuk pengelolaan tersebut kita juga akan mempertimbangkan mengenai kendala atau masalah-masalah yang kemungkinan nantinya akan kita hadapi. Berkaitan dengan hal tersebut maka artikel wirausaha kali ini akan mengajak kita untuk mengkaji sebuah pertanyaan sederhana yaitu "apa yang harus kita lakukan untuk hadapi kendala bisnis".

Pertanyaan tersebut sering muncul saat kita membuat perencanaan bisnis dan bahkan munculnya seiring datangnya kendala yang sedang dihadapi. Pertanyaannya tidaklah penting karena yang terpenting adalah jawabannya. Karena jawaban tersebut akan memberikan gambaran mengenai cara menghadapi kendala bisnis yang sedang kita hadapi.

Sebelum kita lebih jauh membahas mengenai hal ini sebenarnya apa pentingnya mempelajari masalah seperti ini untuk bisnis kita? Apa ada manfaatnya mengetahui apa yang harus kita lakukan tersebut? Tentu saja, kita tentu ingin setiap masalah yang dihadapi dalam kegiatan bisnis yang dijalankan dapat diselesaikan dengan baik bukan?

Maka dari itu salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah mencegah dan juga mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai kendala bisnis yang akan dihadapi. Jadi tidak ada untungnya mengabaikan pembahasan ini karena informasi ini sangat penting bagi kelangsungan bisnis yang baru saja kita buka.

Sebenarnya inti dari pembahasan ini tidak berbeda jauh dengan artikel sebelumnya yaitu mengenai kiat menghadapi kesulitan usaha. Meski begitu karena masih banyak rekan pengunjung yang bingung mengenai hal yang harus dilakukan maka sekali lagi kita uraikan dengan sudut pandang yang sedikit berbeda.

1) Tetap tenang dan fokus
2) Cari akar masalahnya terlebih dahulu
3) Cari referensi alternatif penganganan yang bisa dilakukan
4) Analisa potensi keberhasilan dan kegagalan langkah yang akan diambil
5) Buat rencana cadangan dan ukur potensi kerugiannya

Tetap tenang dan fokus adalah hal pertama yang harus dilakukan jika kita menghadapi kendala dalam menjalankan bisnis kita. Apapun yang sedang kita hadapi kita harus tetap bisa mengendalikan emosi, tidak perlu panik apalagi takut yang berlebihan. Dengan pikiran yang tenang kita akan lebih mudah fokus untuk mencari cara tepat untuk menyelesaikan kendala tersebut.

Dalam mencari solusi untuk kendala yang dihadapi maka hendaknya kita cari akar masalahnya terlebih dahulu. Dengan begitu langkah pemecahan masalah kita akan efektif karena menyelesaikan penyebabnya sekaligus.

Dengan mengidentifikasi akar permasalahan maka kita bukan hanya dapat mengatasi masalah melainkan bisa sekaligus merumuskan rencana pencegahan agar kendala atau masalah tersebut tidak terulang lagi.

Selanjutnya, cari referensi alternatif penanganan yang bisa dilakukan. Pada langkah ini kita harus menyiapkan beberapa strategi penanganan masalah sekaligus. Hal ini dimaksudkan untuk memilih dan menentukan alternatif mana yang benar-benar sesuai dan cocok untuk menguraikan kendala bisnis yang sedang kita hadapi.

Jadi jangan asal mencari solusi karena jika solusi tersebut gagal maka akan menambah beban mental kita sebagai pengelola. Jika telah menemukan alternatif untuk kendala tersebut maka kita bisa melakukan analisa potensi keberhasilan dan kegagalan langkah yang akan diambil tersebut.

Hal ini untuk mengukur efektivitas strategi yang akan kita terapkan tersebut dalam menghalau kendala yang di hadapi. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan saat menghadapi kendala bisnis adalah membuat rencana cadangan serta mengukur potensi kerugiannya yang terjadi jika masalah tersebut tidak cepat ditangani.

Apapun langkah yang kita ambil, cadangan merupakan alternatif bijak yang bisa kita siapkan untuk menutupi kekurangan-kekurangan dari berbagai hal yang sudah diterapkan. Dengan begitu strategi penanganan masalah yang diambil akan lebih efektif dan lebih kokoh.

Demikianlah sedikit gambaran mengenai hal yang harus kita lakukan saat menghadapi kendala bisnis yang sedang di jalankan. Semoga sedikit uraian di atas bisa menjadi bahan ide dan pertimbangan kita dalam merumuskan berbagai kegiatan bisnis.

Jangan lupa, baca juga beberapa tulisan lain mengenai tips sukses bisnis yang ada di bagian bawah tulisan ini. Jangan lupa juga untuk terus berkunjung ke situs ini sesering mungkin.

Yang Harus Dilakukan Saat Hadapi Kendala Hambatan Bisnis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko