Wednesday, June 29, 2016

Gambaran Peluang Bisnis Yang Dijalankan di Jakarta

Bisnis yang Dijalankan di Jakarta - Jakarta merupakan kota besar yang penuh akan mimpi. Bahkan banyak masyarakat yang sengaja datang ke Jakarta untuk merubah nasib mereka. Ada yang berniat bekerja di sebuah instansi atau lembaga. 

Tidak cuma itu, ada pula yang sengaja datang untuk membuka bisnis di Jakarta. Terlihat jelas bahwa memang Jakarta memiliki daya tarik tersendiri bagi banyak orang. Berbicara tentang bisnis, Jakarta mempunyai peluang yang bagus untuk lokasi kita membuka suatu bisnis. 

Di mana padatnya penduduk di kota Jakarta membuat berbisnis mempunyai potensi besar di Jakarta. Kebutuhan konsumen yang tinggi di kota Jakarta memang menjadi pemicu Jakarta menjadi lokasi yang berpotensi baik bagi para pebisnis.

Untuk mengetahui bagaimana prospek yang ada di kota Jakarta tersebut tentu saja yang harus dilakukan adalah terjun langsung melihat bagaimana kondisi di sana. Perlu ada analisa lebih jauh mengenai karakteristik kota tersebut.

Sebagai contoh, anda dapat mencari gambaran bagaimana keadaan sarana prasarana atau tata lokasi kota. Selain itu anda bisa mempelajari bagaimana masyarakatnya mulai dari dari penghasilan, gaya hidup dan sebagainya. Dengan begitu potensi bisnis yang ada bisa terlihat lebih jelas lagi.

1) Potensi masyarakat kota Jakarta

Dapat dikatakan, Jakarta adalah kota nomor satu di tanah air. Jakarta menyimpan banyak potensi yang dapat dikembangkan. Di Jakarta jumlah penduduknya banyak, masyarakatnya pun banyak yang kelas menengah dan atas. Gaya hidup masyarakat di Jakarta pun sudah termasuk modern sehingga banyak membutuhkan fasilitas dan kemudahan.

a) Banyaknya penduduk
Dalam bisnis, banyaknya jumlah penduduk merupakan sebuah potensi yang cukup bagus. Karena penduduk yang banyak dapat menjadi pasar yang cukup baik dan menjanjikan untuk memasarkan berbagai jenis barang kebutuhan. 

Semakin banyak penduduknya maka akan semakin banyak pula kebutuhan yang harus dipenuhi. Sebut saja misalnya kebutuhan pakaian, satu orang memakai satu pasang pakaian, jika seribu orang maka diperlukan seribu pakaian, begitulah gambaran sederhananya. 

Dari jumlah penduduk ini maka sudah jelas Jakarta menjadi tempat yang cukup bagus untuk memulai sebuah bisnis. Anda yang berniat membuka bisnis di kota tersebut dapat menganalisa lebih jauh mengenai hal ini.

b) Tingginya daya beli
Meski tidak semua, kebanyakan masyarakat kota besar biasanya memang memiliki daya beli yang tinggi. Hal ini karena kebanyakan dari mereka merupakan masyarakat yang berpenghasilan cukup. Karena itu daya beli yang dimiliki juga cukup baik. 

Semakin tinggi daya beli suatu masyarakat tentu akan semakin baik untuk dasar pendirian bisnis. Memang, bisnis tidak hanya bisa didirikan di tengah masyarakat yang mampu. Namun begitu di tengah masyarakat mampu sebuah bisnis tidak akan memiliki masalah dengan daya beli. 

Jika produk bisnis yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan mereka maka tentu akan diterima dengan mudah tanpa berpikir masalah uang. Begitulah potensi yang dimiliki oleh masyarakat yang penghasilannya cukup.

c) Gaya hidup modern
Masyarakat kota Jakarta juga sudah banyak yang memiliki gaya hidup modern. Mereka yang tidak memiliki batasan dalam pengeluaran pasti memerlukan banyak fasilitas dan kemudahan. Bahkan, gaya hidup seperti itu biasanya juga cukup konsumtif terhadap berbagai jenis kebutuhan yang ada.

2) Contoh bisnis yang cocok di Jakarta

Bisnis apa saja yang bagus di jalankan di Jakarta? Ada banyak bisnis yang bisa di jalankan di Jakarta  diantaranya adalah bisnis kuliner,bidang jasa, fashion, teknologi dan jual beli. 

Namun apakah bisnis ini bagus untuk di jalankan. Dan di tulisan saya kali ini akan di bahas dengan lebih terperinci tentang bisnis yang mungkin menjadi pilihan teman-teman semua.

a) Bisnis di bidang kuliner
Pada dasarnya kuliner mempunyai potensi baik di  mana saja baik itu di kota maupun di desa. Hal tersebut karena memang kuliner merupakan kebutuhan yang pokok bagi manusia. 

Fungsi makanan sebagai kebutuhan pokok inilah yang membuat bisnis kuliner menjadi bisnis yang berpotensi baik. Namun bagai mana dengan persaingan? Kita dapat memenangkan persaingan apabila kita paham akan kebutuhan yang di perlukan konsumen. 

Kebutuhan konsumen adalah berupa kepuasan. Di mana dalam menjalankan usaha kuliner ini kita harus mengutamakan rasa. Dengan begitu pelanggan akan puas dan akan menjadi langganan tetap.

b) Bisnis di bidang jasa
Bisnis di bidang jasa juga menjadi pilihan untuk memulai usaha di Jakarta. Di mana kita dapat menyediakan jasa yang menarik bagi konsumen. Adapun jasa yang bisa di coba adalah jasa laundry, jasa rental playstation, jasa komputer (Warnet) dan lain sebagainya.

Persaingan bisnis jasa memang cukup tinggi di Jakarta. Di kota tersebut sudah banyak sekali bisnis jasa yang menjamur. Jasa yang tersedia pun beragam ada yang milik perseorangan atau pun perusahaan. Apabila anda hendak membuka bisnis jasa pastikan anda sudah menyiapkan modal untuk bersaing. Ketersediaan modal akan menjamin kepuasan pelanggan .

c) Bisnis di bidang feshion
Bisnis di bidang fashion  merupakan bisnis yang cukup menjanjikan untuk dijalankan di Jakarta. Melihat fashion kini menjadi kebutuhan yang mutlak bagi masyarakat Jakarta. Masyarakat Jakarta memang selalu memperhatikan penampilannya. Dan tak heran kebutuhan akan fashion di kota Jakarta begitu tinggi

d) Bisnis di bidang teknologi
Selain bisnis fashion dan bisnis kuliner, teknologi juga mempunyai prospek yang begitu bagus . dimana itu dapat di lihat dari masyarakat Jakarta yang cenderung menyukai teknologi. 

Namun ada kalanya kita harus memikirkan terlebih dahulu bila mau membuka bisnis di bidang teknologi. Melihat begitu banyak saingan yaitu berupa grosir termurah di seluruh Indonesia yang banyak menjamur di Jakarta.  

e) Bisnis di bidang jual beli
Bisnis jual beli juga bisa menjadi pilihan.  yang mana kita dapat membeli suatu barang  dari luar kota atau luar pulau. Pastikan barang yang kita jual adalah barang yang jarang dan bahkan tidak ada di Jakarta. 

Seperti misal kopi Lampung, di mana kita dapat memesan kopi langsung dari Lampung dan selanjutnya menjualnya di Jakarta. atau pun sayuran dan hasil bumi yang lainnya.

Demikian info mengenai contoh bisnis yang cocok di lakukan di Jakarta. Anda dapat menekuni salah satunya atau bila anda mampu anda juga bisa menekuni semuanya. Namun semua itu harus di awali dengan modal. 

Tetapi, perlu diingat, apapun pilihan anda, sebuah bisnis harus dijalankan atas dasar analisa yang objektif dan perencanaan yang matang. Maka persiapan perlu dilakukan sebelum memilih dan menjalankan usaha atau bisnis tersebut.

Gambaran Peluang Bisnis Yang Dijalankan di Jakarta Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko