Wednesday, June 29, 2016

Cara Jitu dalam Mengatasi Kekurangan Modal Usaha

Cara Mengatasi Kekurangan Modal UsahaDalam memulai suatu bisnis dengan modal besar, tentu menjadi sebuah hambatan bagi semua orang. Karena memang modal yang besar tidak bisa secara instan di dapatkan. 
Sekarang Sudah Ada Modal Pinjaman Kredit Usaha Online Loh, Sudah Tahu Belum?

Sedangkan di sisi lain kita harus bergerak cepat, agar modal bisa di dapat dan bisnis dapat di mulai. Sehingga tidak ada waktu yang terbuang secara percuma. Namun bagi kita semua untuk mendapatkan modal tentulah bukan sesuatu yang mudah, terlebih bila belum tahu caranya. 

Jika tidak tahu cara mengatasi kekurangan modal maka bukanya sebuah modal yang di dapat tetapi hanya rasa letih yang di dapat. Sebenarnya untuk mendapatkan modal usaha begitu banyak caranya, dan anda pun bisa melakukannya. Bila di jaman dahulu pinjam-meminjam modal masih di lakukan oleh sesama masyarakat. 

Namun lain halnya dengan sekarang. Yang mana banyak pilihan untuk mendapatkan modal. Dari yang sedikit memiliki resiko hingga yang yang minim akan resiko. Semua dapat dilakukan dengan mudah.

Namun nampaknya hal ini belum di pahami banyak orang. Yang mana orang justru pesimis untuk memulai usaha karena memang ketiadaan biaya. Padahal hal tersebut dapat di selesaikan dengan cara-cara yang akan saya tulis berikut. Yang mana ini dapat anda terapkan untuk memulai usaha yang anda pilih.  

Proposal usaha adalah cara mendapatkan modal dengan cara mengajukan  ke sebuah lembaga atau pemerintah agar diberikan sejumlah modal guna mendirikan suatu usaha. Pengajuan proposal umumnya di lakukan oleh perusahaan-perusahaan yang besar. 

Hal ini biasa dilakukan untuk mengajukan permodalan kepada perusahaan tersebut. Proposal tersebut berisi tentang permohonan modal kepada pemilik modal. Yang mana biasanya di tertulis dan di beri lampiran. 

Proposal ini juga di bungkus dengan map tertentu untuk kemudian di ajukan kepada pemilik modal. Hal ini biasanya sangat efektif untuk mendapatkan modal. Karena cara mencari modal dengan cara mengajukan proposal ini sangat aman. 

Sehingga pemilik modal tidak perlu khawatir dengan nasib modal yang sudah di berikan. Hal tersebut dikarenakan adanya sebuah perjanjian hitam di atas putih. Sehingga memiliki kekuatan hukum, apabila terjadi sebuah kecurangan maka dapat diajukan sebuah tuntutan.

Pengajuan dengan cara ini meski terdengar agak rumit, namun hal tersebut merupakan cara yang paling efektif untuk mendapatkan dana. Karena proposal tersebut begitu meyakinkan. Sehingga para pemilik modal tidak perlu lagi khawatir modal yang di keluarkan tidak di kembalikan.

Adapun cara lain yang bisa di gunakan adalah mengajukan pembiayaan ke bank. yang mana ini juga termasuk cara yang ampuh untuk mendapatkan sebuah modal. Namun tidak sedikit berbeda dengan mencari modal dengan proposal. Cara mengajukan pembiayaan melalui bank juga sedikit agak rumit.

Bagi masyarakat yang hendak meminjam modal ke bank, biasanya akan langsung diberikan dengan sebuah syarat yang telah di sepakati. Di dalam sebuah bank konvensional syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan modal adalah sebuah jaminan. Yang mana jaminan itu bisa berupa surat tanah, rumah , atau pun kendaraan .

Namun berbeda bila anda meminjam di sebuah bank, syari’ah. Biasanya dari pihak bank akan melakukan survei terlebih dahulu ke tempat usaha yang hendak anda jalankan. Namun tidak semua bank syari’ah mau memberikan modal, bila bisnis belum berjalan. Bank syari’ah terkadang hanya memberikan modal hanya kepada usaha yang memang telah berjalan.

Cara mengajukan modal kepada bank, ini sangat efektif untuk di lakukan. Cara ini juga bisa di lakukan siapa saja. Namun yang terpenting adalah adanya sebuah jaminan akan modal yang anda pinjam. Anda dapat memilih salah satu bank tersebut, konvensional atau pun bank syari’ah.

3) Meminjam keluarga dan teman
Adapun cara berikutnya adalah dengan meminjam kepada keluarga anda. Yang mana anda dapat mengumpulkan keluarga anda dan kemudian bicara hati ke hati. Bila anggota keluarga anda memiliki apa yang anda inginkan, yaitu sebuah modal, maka tentu anggota keluarga anda akan memberikan modal kepada anda.

Meminjam kepada keluarga adalah cara yang paling utama di lakukan, sebelum meminjam kepada bank. yang mana anda tentu memanfaatkan kelurga anda terlebih dahulu sebelum akhirnya memanfaatkan bank. cara ini tentu menjadi cara yang efektif bagi anda sendiri. Terlebih bila saudara anda memilikinya.

Apabila meminjam dengan saudara tidak membuahkan hasil, maka anda bisa mencobanya dengan meminjam modal kepada teman anda. Anda dapat meminjam ke teman-teman anda, entah itu teman lama, atau teman baru anda. Cara ini dapat di lakukan bila dalam meminjam modal kepada keluarga anda tidak membuahkan hasil.

Cara tersebut dapat anda terapkan di dalam praktek lapangan. Namun perlu di perhatikan, untuk meminjam modal kepada teman maupun saudara anda haruslah, menggunakan nada yang lembut. Sehingga teman maupun saudara anda berkenan untuk meminjamkan modal kepada anda.

4) Menabung
Cara yang berikutnya adalah cara yang tidak mempunyai resiko sama sekali. Menabung adalah sebuah solusi mendapatkan modal , tanpa harus memikirkan beban hutang. Karena memang modal yang di pergunakan adalah hasil jerih payah yang dibangun sejak lama. 

Maka dari itu cara ini tentu menjadi solusi yang sangat efektif mendapatkan modal tanpa resiko. Namun cara ini tentu memiliki sebuah kelemahan. Yang mana mendapatkan modal dengan cara menabung adalah cara yang membutuhkan waktu yang lama. 

Sehingga anda yang tertarik untuk mendapatkan modal dengan cara ini tentu harus bersabar. Dan menunggu hingga jumlah tabungan setara dengan modal yang di butuhkan untuk membuka usaha. Anda dapat menyisihkan hasil kerja anda untuk di tabung. 

Anda bisa menggunakan jasa bank untuk menyimpan harta anda. Menabung tidak perlu banyak yang terpenting rutin. Namun bila sanggup menabung dengan jumlah yang banyak setiap harinya, itu tentu lebih bagus. Namun bila memang tidak sanggup jangan pernah memaksakan diri.

Cara mendapatkan modal dengan menabung ini, memang cara yang efektif dan tidak beresiko. Sehingga dapat di lakukan siapa saja yang hendak membuka usaha. Namun perlu di pahami cara ini membutuhkan waktu yang lama. Untuk itu perlu di butuhkan kesabaran untuk memakai cara ini.

Cara-cara di atas adalah sebuah solusi bagi anda yang masih bingung memulai usaha karena ketiadaan modal. Cara di atas adalah cara jitu mendapatkan dan mengatasi kekurangan modal untuk sebuah usaha atau bisnis. Anda dapat memilih salah satu dari cara tersebut, atau pun bisa memakai semuanya.

Namun  perlu di pahami untuk mendapatkan modal dengan cara meminjam haruslah mempunyai sifat yang jujur. Hal ini di butuhkan karena memang dengan demikian anda akan di percaya orang. Sehingga kedepannya tidak akan sulit untuk mencari sebuah modal.

Beberapa hal di atas bisa anda lakukan untuk mengatasi kekurangan modal usaha yang sedang anda jalankan. Anda bisa memilih cara mana saja yang tepat dan cocok dengan keadaan usaha yang anda miliki. 

Cara Jitu dalam Mengatasi Kekurangan Modal Usaha Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko