Friday, July 15, 2016

Faktor Penting Keberhasilan dalam Usaha Kecil

Faktor Penting Keberhasilan dalam Usaha - Sukses adalah sesuatu yang tidak dapat diraih dalam waktu singkat dan tanpa pengorbanan. Untuk bisnis atau usaha yang peluangnya bagus pun seringkali bisa gagal. Hal ini karena sebenarnya ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi apakah usaha yang dijalankan bisa berhasil atau tidak.

Jadi jangan heran jika anda menjalankan usaha yang bagus tetapi tidak bisa sukses atau anda menjalankan usaha yang sangat dikuasai tetapi juga tidak sukses. Karena memang kesuksesan hanya dapat diraih jika berbagai faktor atau aspek pendukungnya terpenuhi. 

Ada banyak yang berpengaruh, ada faktor dari luar dan ada juga faktor yang berasal dari dalam diri anda sendiri. Maka dari itu, penting bagi pelaku bisnis atau pengusaha pemula untuk belajar berbagai aspek tersebut. 

Perlu di ketahui dan perlu dipelajari lebih jauh mengenai aspek-aspek penting yang mempengaruhi keberhasilan sebuah usaha. Dengan begitu anda bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki dan segera menutupi kelemahan atau kekurangan yang ada.

Secara luas, sebenarnya semua yang berkaitan dengan pelaku usaha dan usaha yang dijalankan berpengaruh terhadap kesuksesan. Namun dari berbagai hal tersebut ada yang pengaruhnya besar dan ada pula yang pengaruhnya kecil. Lalu, apa saja sebenarnya faktor faktor keberhasilan usaha yang harus diketahui, berikut berbagai faktor tersebut!

1) Keahlian dan keterampilan yang dimiliki
Ilmu adalah dasar yang akan mempermudah apa yang anda kerjakan. Dalam bisnis dan usaha, ilmu mutlak dibutuhkan untuk menjalankannya, khususnya ilmu praktis seperti keahlian dan keterampilan yang anda miliki. 

Semakin baik keahlian anda maka akan semakin lancar usaha anda, semakin terampil anda maka akan semakin lancar kegiatan anda. Keterampilan dan keahlian anda dalam bisnis yang anda jalankan bisa menjadi tolak ukur awal untuk mengetahui potensi kesuksesan yang bisa diraih. 

Contoh sederhananya begini, kalau anda mempunyai bisnis bengkel mobil maka paling tidak anda harus memiliki keahlian dan keterampilan dalam memperbaiki kerusakan mobil. Tanpa kemampuan tersebut akan lebih sulit bagi anda mencapai kesuksesan.

Jika anda bergerak di pertanian apel maka paling tidak anda tahu bagaimana cara budidaya apel yang benar, baik dan menghasilkan panen berlimpah. Tanpa itu maka sulit untuk mengembangkan usaha pertanian tersebut. Itulah sedikit gambaran bagaimana pentingnya kemampuan pelaku usaha dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

Pertanyaannya, apakah anda memiliki cukup keahlian dan keterampilan di bidang bisnis yang sedang anda jalankan? Jika tidak maka dari sekarang anda harus mulai belajar dan mengembangkan kemampuan tersebut. Anda tidak mau tertinggal dari bisnis pesaing anda bukan?

2) Peluang usaha yang dijalankan
Prospek atau peluang dari bisnis yang dijalankan juga menentukan sebuah kesuksesan. Semakin tinggi prospeknya maka akan semakin berpeluang, semakin bagus peluangnya maka akan semakin tinggi kesempatannya. 

Jangan bertindak gegabah dan mengesampingkan potensi sebuah usaha yang akan dijalankan, anda harus memastikan bahwa usaha yang dijalankan memiliki peluang yang baik. Sederhananya, anda dapat mengukur bagaimana peluang sebuah bisnis dari banyak sedikitnya permintaan terhadap produk yang dihasilkan. 

Anda dapat mengukur permintaan baik dari segi kualitas maupun kuantitas nya. Anda juga bisa melihat lama waktu produk tersebut dibutuhkan dan berapa banyak orang yang membutuhkannya. Semakin banyak yang membutuhkan maka akan semakin baik peluangnya. 

Semakin besar yang dibutuhkan maka akan semakin baik prospeknya dan semakin lama produk tersebut dibutuhkan maka usaha atau bisnis tersebut akan semakin bagus. Jadi, peluang atau prospek juga menjadi salah satu penentu keberhasilan sebuah bisnis yang dijalankan.

3) Banyak sedikitnya modal
Faktor keberhasilan usaha selanjutnya adalah modal. Modal ini juga akan berpengaruh terhadap usaha yang akan anda jalankan nantinya. Orang yang memiliki keterbatasan modal tentu saja akan memiliki tambahan masalah yang harus diatasi. 

Jika modalnya cukup maka selanjutnya hanya perlu mengelola modal tersebut dengan baik. Bukan berarti orang yang memiliki modal cukup pasti akan sukses dan bukan berarti juga bahwa yang modalnya kecil tidak bisa sukses. 

Modal ini berperan hanya sebagai penyedia fasilitas atau segala kebutuhan usaha. Selanjutnya masih ada peran lain yang akan mempengaruhi lancar tidaknya usaha yang dijalankan.

Usaha yang modalnya cukup akan lebih mudah dalam menyiapkan alat dan media pendukung serta semua kebutuhan yang diperlukan. Dengan begitu anda akan lebih leluasa dalam mengatur, mengelola dan menjalankan usaha tersebut tanpa adanya kendala kekurangan apapun yang dibutuhkan.

Sebaliknya, jika modal yang dimiliki sedikit maka anda harus bekerja lebih keras untuk menutupi berbagai kekurangan yang ada. Misalnya, karena modalnya tidak cukup maka produksi tidak dapat dalam jumlah yang besar. 

Dengan begitu, jika ada permintaan lebih banyak anda harus putar otak mengatasi hal itu. Inilah sebabnya modal masuk menjadi salah satu aspek yang menentukan peluang sukses dari sebuah usaha.

4) Lokasi usaha yang dipilih
Lokasi sangat menunjang keberhasilan anda. Bahkan, lokasi usaha sering menjadi sesuatu yang paling mudah menyebabkan kemunduran sebuah usaha. Ya, lokasi sebuah usaha adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. 

Sebuah usaha harus didirikan di lokasi yang strategis sesuai dengan jenis usaha yang dijalankan. Lokasi yang digunakan harus memiliki dukungan aspek lain yang dibutuhkan mulai dari daya jangkau, aksesibilitas, visibilitas dan lain sebagainya. 

Lokasi yang tidak strategis akan membuat usaha baru tidak bisa berjalan, kurang berkembang atau bahkan langsung bangkrut. Sebaliknya, lokasi strategis akan mampu memompa penjualan dan mendorong aktivitas usaha.

5) Dukungan sarana dan prasarana
Sarana dan prasarana menjadi penentu kelancaran dan kemudahan dalam menjalankan sebuah bisnis. Dukungan sarana dan prasarana sangat penting agar bisnis yang dijalankan dapat tumbuh, berkembang dan sukses. 

Tanpa kecukupan sarana prasarana maka akan timbul masalah-masalah yang bisa menghambat kelancaran dan kemajuan usaha. Untuk itu, ketika membuka sebuah usaha baru maka perlu disiapkan segala kebutuhan sarana prasarana tersebut. 

Sebisa mungkin anda harus menyiapkan sarana dan juga prasarana yang dibutuhkan. Andai tidak bisa, maka anda perlu merumuskan perencanaan dan juga strategi penanganan masalah yang mungkin muncul akibat kurangnya dukungan tersebut.

6) Kreativitas dan inovasi
Yang kreatif dan inovatif biasanya akan lebih mudah sukses, ya memang begitu. Kreativitas dan inovasi akan terus melahirkan ide-ide dan gagasan cemerlang dan baru yang bermanfaat bagi perkembangan usaha. Jadi jangan heran jika orang kreatif akan selalu menemukan jalan dalam memecahkan kebuntuan.

Maka dari itu, sebagai seorang pelaku usaha anda harus juga mempersiapkan diri dengan kreativitas dan inovasi. Jangan berhenti pada satu titik dan hanya menghasilkan produk yang membosankan. Gunakanlah kreativitas anda untuk melahirkan produk yang menarik dan bermanfaat.

Jangan hanya terpaku pada sesuatu yang umum, sesekali anda bisa berinovasi dan berfikir out of the box. Anda bisa menemukan gagasan dan ide baru yang bermanfaat bagi usaha anda. 

Dunia usaha memang tempatnya jatuh bangun, jadi tidak perlu terlalu takut gagal. Yang terpenting adalah selalu belajar memperbaiki diri dan tetap semangat.

Itulah tadi beberapa faktor keberhasilan usaha yang bisa anda pertimbangkan. Sebagai pelaku usaha baru anda dapat mempertimbangkan hal tersebut dan merumuskan rencana usaha yang mencakup berbagai faktor penting yang ada. Mudah-mudahan dapat menjadi bahan informasi bermanfaat bagi pembaca semua, salam!

Faktor Penting Keberhasilan dalam Usaha Kecil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko