Thursday, July 21, 2016

Hambatan dalam Berwirausaha dan Solusinya

Hambatan dalam Berwirausaha dan Solusinya - Hambatan dan kesulitan memang selalu ada setiap kita hendak membuka usaha atau pun ketika usaha itu sudah berjalan. Berdasarkan pengalaman saya  hambatan dalam berwirausaha itu dapat di bagi menjadi dua. Yaitu hambatan ketika hendak membuka usaha, dan hambatan dalam mengelola usaha.


Kedua hambatan tersebut seolah tidak bisa lepas dari seorang wirausahawan. Sebagai wirausahawan tentulah kita di tuntut untuk selalu sabar. Karena sebuah usaha ada pasang-surutnya dan ada pula saat ramai dan saat sepi. Maka  dari itu untuk meraih kesuksesan dengan menjadi seorang wirausahawan, sangat di butuhkan kesabaran.

Hambatan dalam menjadi wirausaha bisa datang kapan saja. Artinya hambatan tersebut tidak bisa di tebak kapan akan datang. Hambatan dan rintangan dapat muncul tanpa kita dapat merasakannya pertanda apapun. Namun tidak semua hambatan demikian. Ada pula hambatan yang bisa di prediksi kapan datang dan perginya. Yang terpenting kita sebagai seorang wirausahawan tentulah harus selalu siap menghadapinya.

Hambatan biasanya datang karena adanya suatu objek yang di tuju. Dan objek adalah usaha, jadi dengan ini dapat di pahami usaha dan hambatan bisa di katakan sebagai kesatuan yang tidak bisa di pisahkan. Namun  meski demikian hambatan dalam usaha bukan berarti menumbangkan kita dan memberhentikan kita menjadi wiraswasta.

Ingat, sebuah masalah tentu ada solusinya. Berikut saya akan ajak anda untuk menganalisis masalah-masalah dalam berwirausaha sekaligus beberapa alternatif solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

1) Masalah ketika memulai suatu usaha

Dalam memulai usaha tentu banyak sekali mengalami hambatan. Awal membuka usaha ini adalah penentu kita dalam menjalankan kesuksesan. Kita akan diuji dengan ujian yang bermacam-macam jenis dan rupanya. 

Bila kita tidak mempunyai sebuah kesabaran dalam menghadapinya maka keinginan kita untuk menjadi sebuah wirausahawan yang sukses hanya sekedar mimpi. Hambatan yang paling mendasar dalam membuka usaha adalah sebuah kebimbangan. 

Di mana orang terkadang bingung mau membuka usaha apa.  Memulainya juga dengan penuh ragu-ragu sehingga tidak jadi untuk memulai dan berhenti di tengah jalan. Padahal sebenarnya peluang usaha itu banyak, tergantung bagaimana kita memanfaatkan peluang tersebut. Bila kita terus di bayangi sebuah keraguan maka kita tidak akan pernah menjadi seseorang yang sukses.

Adapun hambatan lain dalam memulai suatu usaha adalah modal. Modal memang menjadi kendala utama para calon pengusaha dalam memulai usahanya. Tanpa adanya modal maka mustahil seorang bisa menjadi pengusaha. Modal menjadi akses utama atau pun pintu dalam membuka pintu kesuksesan.

Setiap permasalahan tentulah mempunyai sebuah solusi . maka dari itu kita sebagai manusia hanyalah perlu sabar sambil mencari solusinya. solusi dapat di cari dengan sebuah pemikiran yang dingin. Artinya kita tidak bisa mencari solusi tersebut dengan nafsu dan terburu-buru. Carilah solusi dengan santai dan kepala yang dingin.

Adapun keraguan dalam memulai suatu usaha itu sesuatu hal yang biasa. Namun kita tidak boleh larut dalam keraguan tersebut. karena dengan adanya keraguan di dalam hati maka kita tidak akan merasakan sebuah keberhasilan. Mulailah usaha anda dengan penuh percaya diri, dengan demikian anda bisa mendapatkan kesuksesan.

Usaha memang menjadi penentu usaha anda dapat di mulai. Di mana tanpa adanya modal usaha anda tidak akan pernah bisa di mulai. Meski demikian kita masih bisa mencari sebuah solusi tentang modal. Modal dapat di cari dengan cara meminjam. Kita dapat meminjam modal kepada teman, saudara, atau pun lembaga keuangan.

2) Kesulitan dalam mengelola usaha

Selain dari pada hambatan dalam memulai usaha , ada hambatan lagi yang menghadang. Di mana tidak kalah penting diwaspadai adalah hambatan dalam mengelola usaha. Dalam mengelola suatu usaha kita sering di bebankan dengan sebuah permasalahan yang timbul di dalam usaha tersebut

Konsumen yang sepi, di tuding menjadi sebuah hambatan dalam mengelola usaha. Di mana banyak dampak yang di timbulkan oleh sedikitnya konsumen yang datang ke tempat kita. Konsumen yang sedikit akan berakibat kerugian, hingga akhirnya bangkrut. Dan yang menyedihkan lagi bila usaha tersebut sepi pelanggan sampai berbulan-bulan.

Krisis modal, di mana krisis juga bisa diakibatkan oleh sedikitnya pelanggan yang datang ke tempat kita. Bila sudah krisis, jangankan mengambil keuntungan dari hasil usaha kita, untuk belanja saja tidak cukup. Bila sudah krisis maka tidak ada lagi yang perlu di lakukan, kita hanya perlu menunggu usaha kita benar-benar tutup bila tidak ada solusi. 

Ada sebuah solusi yang bisa di terapkan dalam usaha anda. Solusi ini akan membalik keadaan. Di mana kegelapan menjadi terang begitu pula usaha anda yang mengalami hambatan maka akan terselesaikan dengan adanya solusi. Solusi yang di pergunakan untuk memecahkan permasalahan ini tentu harus solusi yang efektif.

Di mana bila kita mengalami usaha yang kita jalankan konsumen-nya sangat sedikit. Tentu hal itu sangat menyedihkan bagi kita pribadi wirausahawan. Adapun bila kita mengalami demikian, periksa lagi usaha yang anda jalankan. Usaha yang kurang digandrungi konsumen memiliki masalah dalam struktur usaha tersebut.

Permasalahan tersebut biasanya berhubungan dengan kurangnya kepuasan konsumen.  Anda dapat memeriksa barang yang anda jual atau pun tempat anda. Pastikan semuanya tidak ada masalah. Dengan memeriksa permasalahan anda dapat mengetahui dari mana masalah itu terjadi, dan menemukan sebuah solusi.

Adapun mengenai masalah krisis yang timbul akibat kurangnya pelanggan. Di mana itu dapat diselesaikan dengan meminta bantuan dari pihak-pihak lain .pihak tersebut bisa teman, saudara, atau pun lembaga. Yang terpenting bila usaha anda sudah mengalami krisis ,jangan pernah malu untuk mencari bantuan . hal ini di lakukan demi stabilnya usaha yang anda kelola.

Demikian hambatan-hambatan yang sering di alami oleh wirausahawan. Hambatan tersebut dapat terselesaikan bila kita ada niat untuk menyelesaikanya. Karena sebuah hambatan tidaklah tanpa solusi. Setiap hambatan selalu mempunyai solusi.

Namun terkadang manusia menyerah sebelum solusi  tersebut ditemukan. Maka dari itu kita sebagai manusia haruslah di tuntut untuk sabar. Karena dengan kepala dingin kita akan dapat menemukan solusi. Tetap semangat, tetap belajar dan menjadi orang sukses berikutnya.

Hambatan dalam Berwirausaha dan Solusinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko