Friday, July 22, 2016

Tips Menjalankan Bisnis Rental Mobil yang Sukses

Tips Menjalankan Bisnis Rental Mobil yang Sukses - Di tengah masih tingginya kebutuhan akan sarana angkutan yang memadai, bisnis rental atau jasa sewa kendaraan memang masih alternatif yang cukup menjanjikan. 

Dengan adanya penyewaan atau rental kendaraan seperti ini, orang yang tidak memiliki mobil pun dapat bepergian dengan nyaman menggunakan mobil rental. Wajar jika pada akhirnya usaha di bidang ini masih cukup banyak diminati.

Selain itu, usaha jasa semacam ini juga menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Lebih jauh, usaha di bidang jasa seperti ini juga relatif mudah untuk dijalankan. Karena itulah banyak pelaku usaha yang terjun dalam dunia jasa tersebut baik itu dengan skala yang kecil, menengah maupun besar. 

Ada pelaku usaha yang sudah profesional dan ada banyak juga yang masih pemula. Untuk kalangan pelaku usaha menengah dan besar mungkin sudah cukup bekal guna menunjang kegiatan bisnis tersebut namun bagi kalangan pemula tentu masih banyak hal yang perlu digali lagi, khususnya yang berhubungan dengan bidang usaha rental mobil tersebut. 

Mau tidak mau, suka tidak suka, jika ingin membuat usahanya sukses maka harus selalu belajar. Kadangkala, kesuksesan datang bukan hanya karena orang tersebut memiliki modal yang cukup. 

Ada kalanya, orang yang tidak memiliki modal sama sekalipun bisa sukses. Ada yang sukses lantaran ia sabar dan pekerja keras, ada yang sukses karena ia kreatif dan jujur dan banyak lagi lainnya.

Kesuksesan pada sebuah usaha memang tidak hanya dipengaruhi oleh satu dua faktor saja. Kesuksesan pada intinya dipengaruhi banyak hal tetapi yang paling berpengaruh biasanya adalah kualitas pribadi orang itu sendiri. Maka dari itu penting untuk terus memperbaiki diri sendiri, menambah wawasan dan belajar lebih banyak.

Dalam kaitannya dengan bisnis di bidang rental mobil ini, anda juga sebaiknya terus belajar. Apa saja, bisa belajar tentang manajemen bisnis, belajar pemasaran, atau bahkan belajar dari berbagai kiat dan tips dalam menjalankan usaha. 

Kalau berbicara mengenai kiat, apa kiat yang dapat dilakukan agar usaha anda tersebut sukses? Ada beberapa yang dapat dipertimbangkan, yaitu sebagai berikut!

1) Persiapkan modal yang memadai

Tidak bisa dipungkiri bahwa modal memberikan peran penting terhadap kemajuan usaha. Maka dari itu jika anda ingin usaha anda semakin bagus maka anda harus mempersiapkan modal yang memadai. 

Tidak perlu pesimis, tidak perlu takut dan hanya berfikir besar kecil atau banyak sedikit. Modal dapat anda siapkan sesuai dengan kemampuan usaha anda. Yang terpenting adalah anda memiliki kesadaran arti penting modal bagi perkembangan usaha. 

Jadi anda memiliki rencana yang pasti agar dapat mengembangkan modal yang dimiliki. Atau mungkin, jika usaha anda masih terkendala modal maka anda ada rencana untuk terus menambah modal dari hasil usaha yang anda lakukan.

Jika anda baru akan mendirikan bisnis rental mobil tersebut maka tentu akan lebih mudah, anda bisa mempersiapkan modal yang benar-benar memadai untuk membuka bisnis rental tersebut. Modal tersebut nantinya dapat dialokasikan untuk berbagai kebutuhan termasuk kebutuhan operasional usaha sebelum benar-benar menghasilkan.

2) Berikan layanan berkualitas

Di setiap tips sukses usaha biasanya masalah pelayanan selalu disinggung. Tetapi kalau untuk bisnis ini bagaimana, apakah ada yang berbeda? Ya, tidak berbeda jauh memang tetapi yang pasti semua yang berhubungan dengan jasa yang diberikan kepada pelanggan harus benar-benar maksimal.

Sebagai contoh, memberikan pelayanan yang ramah, sopan dan santun tentu menjadi kebutuhan yang harus anda berikan untuk pelanggan. Belum lagi masalah mobil yang hendak mereka sewa, anda harus menyiapkan mobil dalam keadaan layak sewa baik dari sisi kebersihannya maupun dari sisi kelayakan kendaraan.

Jangan lupa, jika ketika pelanggan mengembalikan mobil dalam keadaan tidak sesuai harapan anda tidak perlu ribut, apalagi sampai membuat pelanggan merasa tidak nyaman. Sebagai contoh, pelanggan mengembalikan mobil rental dalam keadaan kotor, dari pada anda marah atau mengomel kepada pelanggan karena hal itu lebih baik anda ingatkan atau mungkin diamkan saja.

Jika karena masalah tersebut ada beban biaya tambahan maka anda bisa menerapkan pada pelanggan tersebut ketika ia kembali lagi, tetapi dengan penyesuaian yang dibutuhkan. Yang terpenting adalah anda bisa memastikan bahwa pelanggan anda benar-benar puas dengan layanan rental yang diberikan. 

Namun begitu anda juga tetap harus menyesuaikan dengan keadaannya seperti apa, jangan pula anda bertindak yang tidak proporsional dan profesional.

3) Berikan harga diskon

Untuk pelanggan setia, untuk pelanggan yang memenuhi kriteria, anda bisa memberikan potongan harga atau diskon kepada konsumen. Terserah anda, yang pasti tujuan diskon yang diberikan tersebut adalah untuk menarik pelanggan.

Sebagai contoh, anda memiliki pelanggan yang selalu setia menggunakan jasa anda. Dalam menggunakan jasa anda tersebut pelanggan itu juga cukup bertanggung jawab dan bisa menjaga mobil yang disewa. Untuk pelanggan seperti itu anda bisa sesekali memberikan diskon kejutan agar mereka merasa diperhatikan.

Hal-hal kecil seperti ini mungkin tidak dapat diukur dengan uang tetapi manfaatnya cukup besar. Dengan seperti ini pelanggan dapat merasa lebih diperhatikan, lebih diutamakan dan merasa menjadi bagian penting dalam bisnis anda.

4) Perhatikan keamanan

Jangan lupa, rental adalah jenis usaha yang harus memperhatikan keamanan dengan baik. Pasalnya kendaraan rental yang disewa akan digunakan oleh orang lain yang kadang anda tidak kenal. Maka dari itu sebaiknya sistem keamanan kendaraan patut anda perhatikan dengan baik. 

Dengan begitu anda bisa mengurangi tindakan kejahatan yang mungkin bisa terjadi. Keamanan kendaraan anda dapat diperketat yaitu dengan memaksimalkan keamanan standar dan juga menambah keamanan tambahan yang dibutuhkan. Sebagai contoh, anda dapat menambahkan perangkat pelacak kendaraan pada kendaraan rental yang anda miliki.

5) Perhatikan resiko

Sukses bisa terjadi bukan hanya karena adanya keuntungan yang masuk tetapi juga karena tidak adanya kerugian. Bisa saja untungnya banyak tetapi tidak sukses karena setiap ada masalah tidak dapat diatasi dengan baik dan pada akhirnya keuntungan hanya habis untuk menangani masalah. 

Maka dari itu dalam menjalankan usaha rental anda juga sebaiknya memperhatikan resiko usaha. Manajemen resiko sangat penting untuk dilakukan dan diterapkan dalam menjalankan bisnis dan usaha. 

Anda sebagai pelaku usaha harus mampu mengidentifikasi resiko-resiko usaha yang mungkin akan dihadapi. Sebaiknya anda tahu apa saja resiko usaha anda, sebaiknya anda juga tahu hambatan dan kesulitan yang mungkin dihadapi.

Dengan begitu semua dapat diantisipasi dan direncanakan bagaimana pencegahan, penanganan dan pemecahan masalah tersebut. Sebelum ada masalah sebaiknya bisa dicegah agar resiko rugi bisa ditekan. Itulah sedikit gambaran kenapa anda harus memperhatikan masalah resiko usaha.

Dalam dunia rental mobil misalnya, ada resiko mobil rusak ketika dipakai, dan ada juga resiko kriminal. Maka dari itu anda harus menyiasati, mengantisipasi dan mengurangi resiko tersebut. Demikianlah sedikit tips dan kiat agar sukses menjalankan usaha rental mobil. Lain waktu kita sambung lagi dengan tips lainnya, salam!

Tips Menjalankan Bisnis Rental Mobil yang Sukses Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko