Wednesday, July 20, 2016

Usaha Tempe, Contoh Bisnis Home Industri yang Menjanjikan

Contoh Bisnis Home Industri yang Menjanjikan - Industri rumahan, kini menjadi sebuah tren di kalangan masyarakat. Dikarenakan usaha home industri begitu mudah di kelola dan menguntungkan. kini semakin banyak home industri yang berdiri di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

Bisnis home industri pun beragam ada yang kecil, sedang, dan ada pula yang besar. Dengan adanya home industri ini masyarakat di jamin atas kemakmuran-nya. Karena memang dengan adanya usaha industri rumah tangga, angka pengangguran dapat berkurang. Industri rumah tangga memang menjadi incaran bagi masyarakat yang hendak bekerja namun tidak mempunyai ijazah.

Dengan adanya home industri ini karyawan hanya di tuntut untuk terampil tanpa menyodorkan ijazah terlebih dahulu sebelum bekerja. Home industri saat ini sudah tersebar ke pelosok-pelosok daerah. Tidak cuma di kota saja, bisnis home industri ini juga banyak menjamur di perdesaan.

Untuk wilayah perkotaan usaha rumahan meliputi usaha yang memang rata-rata usaha yang sudah cukup besar. Bisnis di wilayah perkotaan biasanya sudah mempunyai karyawan banyak dan tempat yang bagus. Berbeda dengan di kota, di desa industri rumah tangga yang di jalankan rata-rata usaha kapasitas kecil. Meski demikian keduanya tentu mempunyai prospek yang baik bila di kelola dengan benar.

Bisnis home industri memang dapat menjadi alternatif pilihan. Dengan membuka usaha home industri kita tetap mendapatkan penghasilan tanpa harus meninggalkan keluarga setiap hari. Waktu berkumpul dengan keluarga menjadi lebih panjang, di samping itu kita juga mendapatkan penghasilan.

Bagi yang masih bingung mau membuka usaha skala rumahan seperti ini, mari kita simak info berikut. Salah satu contoh usaha home industri yang cukup menjanjikan adalah tempe. Usaha industri tempe bisa menjadi sebuah pencerah untuk kebimbangan anda.

Bisnis rumahan tempe bisa menjadi pilihan anda di mana tempe saat ini menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Usaha ini juga cukup bagus di jalankan karena memang konsumen-nya banyak. Industri tempe ini juga sudah tersebar di seluruh daerah di perdesaan maupun di perkotaan. 

Dengan membuka usaha tempe ini anda akan menemukan jalan sukses anda. Membuka usaha tempe juga cukup mudah, tidak perlu membutuhkan banyak peralatan dan bahan dasar. Bahan dasar pembuatan tempe adalah kedelai. 

Awalnya kedelai di cuci lalu di rebus sampai mendidih dan matang. Setelah itu kedelai yang sudah di rebus di bungkus dengan plastik, dan tata di dalam nampan yang terbuat dari bambu, lalu di diamkan selama 12 jam .

1) Modal home industri tempe

Modal yang di butuhkan untuk membuka bisnis tempe dikategorikan sedang. Modal terbesar di dalam tempe adalah terletak pada bahan dasar pembuatan tempe yaitu kedelai. Di mana kedelai di pasaran hari ini masih cukup melambung. 

Tak heran pula dengan mahalnya harga bahan pokok tempe, banyak pedagang yang menyiasatinya dengan memberi campuran lain seperti jagung. Campuran tersebut di tambahkan dengan takaran yang sudah di atur sehingga tidak terlihat percampuran tersebut. 

Dengan di campur jagung juga, ukuran tempe bisa ditata sedikit besar sehingga bisa menarik banyak konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa dalam menjalankan usaha industri rumah tangga ini memang membutuhkan modal yang cukup. Apalagi jika dilihat permintaan yang ada setiap harinya. 

2) Keuntungan industri tempe

Keuntungan berbisnis tempe ini juga lumayan tinggi. Di mana keuntungan yang di capai oleh pengusaha tempe mencapai jutaan bahkan puluhan juta rupiah. Keuntungan ini juga sangat berpengaruh dengan kualitas yang anda tawarkan di tempe buatan anda. 

Semakin bagus kualitas anda semakin banyak pula konsumen dan keuntungannya. Dalam membuka bisnis tempe memang harus mengutamakan kualitas. Dikarenakan kualitas adalah yang di cari konsumen. 

Biasanya konsumen rela merogoh uang lebih untuk mencari sebuah barang yang berkualitas. Untuk itu sertakan kualitas di dalam hasil pekerjaan anda, agar menarik banyak konsumen. Semakin berkualitas produk yang anda berikan maka akan semakin besar keuntungan yang bisa diraih.

3) Hambatan dan kesulitan usaha

Hambatan dalam menjalani usaha pembuatan tempe adalah sebuah modal. Calon pengelola biasanya bingung karena keterbatasan biaya yang di miliki. Modal yang tinggi pula menjadi sebuah penyebab kesulitan dalam membuka usaha ini. 

Karena harga kedelai saat ini begitu tinggi, sedang dana yang di miliki terbatas. Maka dari itu siapkan modal anda dari sekarang agar usaha ini dapat di jalankan. Bila dana sudah terkumpul maka investasikanlah ke dalam usaha pembuatan tempe. 

Tujuannya adalah agar uang dapat berputar dan tidak habis begitu saja tanpa jejak.  dengan membuka usaha pembuatan tempe uang anda dapat berputar sehingga anda mendapatkan penghasilan setiap hari.

4) Tips cara memulai usaha

Untuk membuka usaha pembuatan tempe, persiapkanlah modal. Karena modal menjadi jalan utama usaha ini bisa di jalankan. Tanpa adanya modal maka mustahil usaha pembuatan tempe dapat di mulai. maka dari itu persiapkanlah modal terlebih dahulu.

Setelah modal di dapat anda dapat memulai membuka usaha pembuatan tempe ini. Yang mana peralatan yang di butuhkan adalah rak untuk fermentasi, kedelai, plastik, panci besar, dan wadah besar yang terbuat dari bambu.

Untuk cara memasarkannya, kita bisa bekerja sama dengan warung-warung yang ada di daerah tempat tinggal anda. Dengan bekerja sama dengan warung, kita akan lebih mudah memasarkan tempe yang kita buat. Sehingga resiko kerugian sangat kecil, karena kita sudah mempunyai langganan tetap.

Demikian info mengenai contoh usaha home industri. Pada dasarnya usaha industri rumah tangga itu sangat luas maknanya dan macamnya. Dan di atas ada sebuah contoh yaitu usaha pembuatan tempe. Di mana usaha tempe sangatlah menjanjikan dan baik di jalankan di wilayah pedesaan maupun perkotaan.

Namun untuk memulai usaha tempe ini haruslah di awali dengan modal. Tanpa adanya modal maka mustahil usaha ini bisa di jalankan. Untuk itu persiapkan modal anda sebelum membuka usaha ini. Terimakasih sudah mengunjungi artikel saya.

Usaha Tempe, Contoh Bisnis Home Industri yang Menjanjikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko