Monday, August 22, 2016

Cara Usaha Dagang Sukses, Jual Lebih Murah

Cara Usaha Dagang Sukses, Jual Lebih Murah - Apakah itu usaha dagang skala kecil atau besar keduanya memiliki peluang sukses yang sama. Tetapi untuk cara agar usaha dagang tersebut sukses tentu saja berbeda-beda. 

Kalau berbicara mengenai cara dagang atau cara usaha maka banyak sekali penjelasan-penjelasan mengenai hal itu. Ada yang mengatakan dagang harus seperti ini dan ada juga yang mengatakan harus seperti itu.

Kalau dikumpulkan mungkin terlalu banyak yang harus dilakukan dan mungkin terlalu membebani jika kita pelajari semua. Nah, berkaitan dengan cara usaha dagang biar sukses tersebut ada satu nasehat yang dapat dicermati yaitu “jual lebih murah”. 

Kalimat tersebut sederhana namun memiliki arti yang cukup luas sehingga penerapannya juga harus melalui analisa terlebih dahulu. Lebih baik dimulai dengan mengibaratkan diri sendiri. Coba pikirkan, apa saja yang anda pertimbangkan ketika membeli sesuatu, salah satunya masalah harga bukan? 

Ya, bahkan harga cenderung menjadi hal yang paling dipertimbangkan karena harga berkaitan dengan kemampuan atau daya beli konsumen. Contohnya, konsumen pasti memilih produk yang berkualitas dan bagus. 

Tetapi ketika mereka tidak mampu membelinya maka mereka tetap akan mencari alternatif lain. Bahkan untuk produk berkualitas sekalipun orang mampu akan cenderung mempertimbangkan harga. Inilah sebabnya produk yang harganya lebih rendah cenderung lebih mudah diterima masyarakat.

1) Harga, kualitas dan etika

Ada yang mengatakan bahwa harga berbanding lurus dengan kualitas, tidak sepenuhnya benar meski seringkali kualitas akan menghasilkan harga yang lebih mahal. Namun begitu kembali harus dipertimbangkan semua itu dari sisi konsumen. 

Yang akan membeli produk dagangan anda adalah konsumen dan konsumen bisa berasal dari kalangan mana saja, benar bukan? Kalau ada yang lebih murah maka konsumen cenderung akan memilihnya meski kadang kualitasnya juga lebih rendah. 

Ini menjadi kunci yang sebaiknya dikaji dan dirumuskan lebih jauh oleh setiap pedagang yang ingin sukses. Namun begitu perumusan masalah harga dan kualitas ini juga tidak boleh sesuka hati, dalam arti pedagang tidak boleh mengabaikan etika dalam perdagangannya.

Etika menjadi hal yang juga harus dipertimbangkan karena dengan etika maka suasana bisnis atau usaha akan terjaga dengan baik. Jelas diantara pedagang satu dengan lainnya terdapat persaingan maka etikalah yang akan menjaga persaingan tersebut dalam lingkungan yang tidak merusak.

Maka meski ada kecenderungan harga rendah lebih diterima secara umum tetapi pelaku usaha dagang harus memiliki etika yang baik. Misalnya dengan tidak merusak tatanan harga pasar yang sehat dan menghancurkan persaingan yang membangun. Tidak boleh juga sampai ada monopoli harga sehingga lebih banyak merugikan orang.

Jadi, kiat sukses usaha dagang yang dapat diambil dari sini adalah sebagai pedagang sebaiknya anda dapat merumuskan satu harga yang cocok berdasarkan pertimbangan harga, kualitas dan juga etika tersebut. Jadi ketika menentukan harga jual yang lebih rendah anda tetap pada tatanan yang aman.

2) Konsumen dan harga murah

Semua pasti tahu bahwa harga murah lebih disukai maka secara sederhana dapat dikatakan bahwa cara usaha dagang cepat sukses yaitu dengan menjaga harga tidak terlalu tinggi. Namun begitu penentuan atau perumusan harga ini harus memperhatikan berbagai pertimbangan. 

Sebagai contoh, memberikan harga murah yang jauh dari harga standar pasar akan mengakibatkan persaingan yang buruk dan bahkan membahayakan situasi perdagangan itu sendiri. Kenyataan bahwa konsumen cenderung lebih suka dengan yang murah dapat dijadikan pegangan tetapi untuk sukses anda tidak boleh memberikan harga dibawah umum. 

Harga yang ditetapkan tetap harus diatas total kebutuhan produksi dalam arti masih ada selisih laba yang didapatkan. Jangan sekali-kali menetapkan harga minus yang tidak sesuai dengan biaya produksi produk yang dijual.

Kalau tidak boleh seperti itu lalu bagaimana cara agar anda bisa memberikan harga yang lebih murah? Caranya yaitu dengan lebih meningkatkan kualitas usaha anda di berbagai aspek. Lakukan inovasi agar kualitas dapat meningkat, agar produktivitas dapat lebih baik dan pelayanan dapat lebih maksimal. Ada beberapa tips berupa pertanyaan yang dapat memandu anda, misalnya
  1. Bagaimana caranya agar dapat menurunkan harga tanpa mengurangi kualitas dan kuantitas produk?
  2. Bagaimana cara agar harga produk yang ada tidak terlihat dan terasa mahal oleh konsumen?

Sederhananya, cara usaha dagang yg sukses adalah dengan tidak mengambil untung terlalu banyak. Jika ingin sukses berdagang anda dapat mengambil untung sekecil mungkin. Anda tidak perlu khawatir keuntungan anda berkurang karena perputaran produk anda akan semakin cepat jika anda melakukannya.

Hal seperti ini dapat dilakukan untuk berbagai jenis dagangan, misalnya saja anda memiliki usaha dagang sembako atau dagang baju maka kiat yang dapat anda terapkan adalah berikan dengan harga yang lebih murah. 

Cara ini sama juga dengan ketika anda memiliki usaha dagang makanan, anda dapat memberikan harga yang lebih terjangkau untuk konsumen anda.

Demikianlah, menjual produk dengan harga yang lebih murah atau rendah memang dapat menjadi salah satu cara agar usaha dagang anda dapat sukses meraih pasar yang lebih luas lagi. tentu saja hal itu tetap memerlukan kajian dan pertimbangan yang sempurna mengingat penentuan harga tersebut berpengaruh pada banyak bidang.

Agar tidak terjadi hal yang sebaliknya maka strategi atau cara penetapan harga semacam ini hendaknya dipertimbangkan dengan baik. Itu saja, semoga apa yang disampaikan pada kesempatan ini dapat memberikan inspirasi dan juga motivasi bagi kita bersama. Sampai disini, tetap semangat dan salam sukses!

Cara Usaha Dagang Sukses, Jual Lebih Murah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko