Wednesday, March 29, 2017

Budidaya Lobster Air Tawar, Analisa Peluang Usaha dan Potensi Keuntungan

Kalau kita mau mencari memang sangat banyak jenis usaha yang bisa dijalankan dan menjanjikan keuntungan yang tinggi. Sebagai contoh di bidang usaha budidaya yaitu budidaya lobster di air tawarJenis usaha ini merupakan salah satu usaha yang masih jarang digeluti oleh pelaku usaha pada umumnya yang bergerak di bidang budidaya.

Analisa Peluang Usaha Budidaya Lobster Air Tawar Untung Besar
Foto: Lobster air tawar/teropongbisnis.com

Tentu saja, sebelum kita memutuskan untuk memilih jenis usaha ini maka kita harus memastikan terlebih dahulu bagaimana prospek dan peluang dari usaha budidaya tersebut. Maka dari itu kita akan mencari tahu mengenai gambaran bagaimana dengan usaha tersebut. 

Dari informasi yang berbeda memang usaha ini masih cukup menjanjikan namun harus kita lihat lebih jauh dan lebih dekat mengenai seluk beluk usaha tersebut.

1) Usaha budidaya lobster air tawar di rumah
2) Budidaya lobster air tawar di aquarium
3) Budidaya lobster air tawar di kolam terpal
4) Budidaya lobster air tawar pdf
5) Cara budidaya lobster air tawar di rumah
6) Mudahnya budidaya lobster air tawar
7) Video budidaya lobster air tawar
8) Makalah budidaya lobster air tawar

Dikatakan menjanjikan untung besar bukan tanpa alasan, budidaya lobster air tawar ini merupakan salah satu budidaya penunjang untuk jenis ikan hias karena sebenarnya lobster air tawar ini merupakan jenis lobster untuk hiasan di akurarium. 

Lalu kenapa bisa dikatakan usaha ini menjanjikan, petikan berita dari laman kontan ini akan memberikan gambaran kepada kita mengenai alasannya.

Permintaan lobster air tawar kini kembali meningkat, setelah beberapa tahun silam sempat meredup. Tidak hanya digunakan sebagai hewan hias di akuarium, namun lobster air tawar kini juga makin dicari untuk dikonsumsi. Rasanya yang jauh lebih gurih ketimbang lobster air laut menjadi salah satu pemicunya.

Permintaan lobster air tawar di dalam negeri masih  cukup besar, apalagi kini lobster air tawar sudah makin populer di kalangan para pecinta makanan laut. Emil Hardi, pembudidaya lobster air tawar asal Medan, Sumatra Utara, mengatakan, harga jual lobster air tawar lebih tinggi dibanding dengan  komoditas air tawar lain.

Saat ini harga lobster air tawar ukuran 100 gram sekitar Rp 150.000 per kilogram (kg). Emil membudidayakan lobster di lahan seluas dua hektare (ha). Menurut pria yang sudah membudidayakan lobster air tawar selama tujuh tahun ini, pada dua tahun terakhir, permintaan lobster air tawar terus meningkat. (Sumber: kontan.co.id)

Jika dilihat dari berita pada laman yang dimuat dalam situs kontan tersebut jelas bahwa usaha budidaya ini masih memiliki peluang yang cukup menjanjikan. 

Namun begitu jika kita ingin mencoba usaha ini maka sebaiknya kita pelajari berbagai aspek yang berkaitan. Intinya kita harus melakukan analisa bagaimana permintaan atas hasil budidaya lobster air tawar tersebut.

Kita dapat mengadakan analisa terhadap lokasi tertentu dan menelusuri lebih jauh bagaimana kebutuhan lobster air tawar di masyarakat. Jika memang hasil analisa menunjukkan bahwa trend lobster air tawar ini bagus maka kita bisa melangkah ke berbagai analisa lain.


Dari beberapa informasi di atas juga dapat kita ketahui bahwa ada dua segmen pasar yang bisa dibidik untuk usaha tersebut. Pertama adalah untuk segmen konsumsi dan yang kedua untuk kebutuhan hias. 

Pada segmen konsumsi maka yang banyak membutuhkan tentu saja usaha lain yang bergerak di bidang makanan misalnya saja restoran dan rumah makan. Sedangkan untuk pasar hias maka yang dibidik adalah masyarakat umum yang suka dengan lobster air tawar sebagai hiasan.

Sebagai tambahan referensi, di masyarakat kalangan pembudidaya kita dapat melihat bahwa harga dari benih lobster ini juga cukup lumayan yaitu tergantung ukuran, ada yang 500 rupiah per ekor untuk ukuran 1 inchi dan ada juga yang Rp. 1000 per ekor ukuran 2 inchi. 

Dilihat dari gambaran ini maka bisa terlihat juga bahwa menjadi penyedia bibit lobster air tawar juga memiliki potensi dan peluang yang cukup bagus. Ringkasan gambaran harga bibitnya sebagai berikut!

Benih ukuran 1 inchi 500/ekor
Benih ukuran 2 inchi 1000/ekor
Indukan ukuran 4 inch 100rb/set 3jantan/5betina
Indukan ukuran 5 inch up 150rb/set 3jantan/5betina

Demikianlah tadi sedikit gambaran mengenai analisa peluang usaha untuk budidaya lobster air tawar yang bisa kita pelajari lebih lanjut. Semoga sedikit informasi di atas bisa menjadi tambahan referensi, ide, dan juga motivasi dan inspirasi dalam mencari usaha-usaha yang memiliki peluang bagus dan menjanjikan untuk berlipat.

Budidaya Lobster Air Tawar, Analisa Peluang Usaha dan Potensi Keuntungan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko