Friday, March 31, 2017

Usaha Sederhana Warung Indomie Modal Kecil Untung Berlipat

Bisnis Warung Indomie Untung Berlipat – jika dijalankan di lokasi yang memadai dengan modal cukup dan manajemen yang baik warung indomie ini bisa menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. 

Peluang Bisnis Warung Indomie Bisnis Sederhana Untung Berlipat

Bisnis ini dalam perhitungan asumsi normal bisa menghasilkan keuntungan di kisaran 3 jutaan dalam waktu satu bulan. Sebuah angka yang cukup lumayan di tengah kondisi perekonomian yang sulit seperti ini. Namun begitu sebenarnya bagaimana detail peluang dari binis tersebut, berikut penjelasan lengkapnya.

Bisnis yang satu ini merupakan bisnis khusus yang membutuhkan lokasi khusus untuk bisa berjalan. Maksudnya adalah bisnis ini tidak akan jalan atau berkembang jika didirikan di lokasi yang tidak memiliki cukup konsumen. 

Sebagai contoh, dikawasan perumahan elit usaha ini tentu saja kurang begitu cocok berbeda dengan kawasan perumahan karyawan atau industri yang banyak membutuhkan jenis makanan murah mengenyangkan.

Untuk mengetahui bagaimana gambaran bisnis ini lebih dekat maka harus dilakukan analisa lebih jauh mengenai berbagai aspek bisnis yang berkaitan. 

Misalnya pertama kita harus mengetahui bagaimana kondisi calon konsumen untuk bisnis tersebut, gambaran kebutuhan modal dan aliran keuangan, hambatan dan kendala yang ada dan lain sebagainya.

A. Pertimbangan bisnis warung indomie

Meski secara umum telah disebutkan bahwa bisnis ini merupakan bisnis sederhana untuk berlipat namun tetap harus ada pertimbangan lebih objektif sebelum memutuskan untuk menjalankannya. 

Beberapa yang harus dipertimbangkan antara lain lokasi, asumsi konsumen, sarana dan prasarana pendukung.

Pertama, bagus tidaknya potensi akan tergantung pada lokasi yang dipilih. Oleh karena itu kita harus mempertimbangkan dengan baik lokasi yang akan digunakan untuk mendirikan bisnis tersebut. 

Lokasi yang dipilih ini nantinya akan memberikan banyak pengaruh terhadap jalannya bisnis ke depan. Lalu lokasi atau tempat seperti apa yang bagus untuk mendirikan bisnis sederhana tersebut?

Diantara banyak lokasi bisnis, lokasi yang lumayan bagus untuk bisnis ini adalah lokasi yang dekat dengan perumahan karyawan pabrik atau pemukiman pekerja buruh, lokasi yang dekat dengan kampus dan kos-kosan atau kontrakan mahasiswa, di sekitar sekolah dan lokasi-lokasi orang banyak menunggu kendaraan umum.

Lokasi-lokasi tersebut biasanya banyak membutuhkan tempat nongkrong yang asyik dan tersedia makanan yang tidak terlalu berat untuk kantong maupun perut misalnya saja mie rebus. Karena itu bisnis warung mie seperti ini cocok didirikan di berbagai lokasi di atas. 

Selain itu berbagai lokasi di atas juga memberikan peluang konsumen yang sesuai dengan bisnis ini yaitu konsumen dengan kondisi keuangan yang tidak terlalu mapan. Sebut saja mahasiswa yang biasanya kondisi keuangannya tergantung dari kiriman orang tua sehingga cocok dengan bisnis ini.

Selain tempat atau lokasi pertimbangan bisnis juga sebaiknya menyangkut masalah sarana dan prasarana pendukung misalnya saja keadaan jalan, mudah tidaknya diakses publik dan lain sebagainya. 

Beberapa hal tersebut hendaknya diperhitungkan dengan baik agar bisa mendapatkan gambaran yang jelas mengenai bisnis ini ke depan, sesuai dengan daerah dan kondisi terkini yang ada.

B. Simulasi modal dan BEP bisnis warung indomie

Di atas telah disinggung bahwa laba dari bisnis ini terbilang cukup besar dalam perhitungan simulasi. Lalu bagaimana perhitungan simulasi dana yang ada untuk bisnis ini secara lebih detail? 

Ya, setelah kita mencoba memperhitungkan berbagai aspek pendukung bisnis kita sebaiknya juga melihat analisa break even point (BEP) untuk jenis usaha modal kecil tersebut. Untuk lebih jelas mengenai hal tersebut telah disiapkan simulasi perhitungan di bawah ini.

Simulasi perhitungan dan balik modal bisnis warung indomie
Modal awal

Investasi barang tetap: mangkok, kursi dll
Rp. 1.000.000,-
Bahan baku
Rp. 500.000,-
Total modal awal
Rp. 1.500.000,-


Biaya produksi

Bahan baku
Rp. 4.500.000,-
Listrik dan transportasi
Rp. 300.000,-
Total biaya produksi
Rp. 4.800.000,-


Asumsi pendapatan

Pendapatan harian @ Rp. 5.000 x 50 porsi
Rp. 7.500.000,-


Laba perbulan

Rp. 7.500.000 – Rp. 4.800.000
Rp. 2.700.000,-
Balik modal: Rp. 1.500.000 : Rp. 2.700.000
1 bulan

Perhitungan belum termasuk investasi tanah dan lokasi

Dari asumsi perhitungan di atas jelas sekali bahwa dalam kondisi maksimal bisnis ini bisa langsung mengembalikan modal awal di bulan pertama didirikan. Tentu saja hal itu merupakan satu gambaran yang cukup menarik untuk ditindaklanjuti ke analisis lebih lanjut. 

Dari asumsi di atas juga dapat kita ketahui perkiraan atau asumsi laba bisnis yang bisa diperoleh dalam satu bulan yaitu sebesar Rp. 2.700.000,- dengan asumsi penjualan 50 porsi mie rebus.

Informasi di atas tentu saja hanya sebuah gambaran diatas kertas saja yang masih perlu dikaji lebih jauh sesuai dengan kondisi pasar yang sebenarnya dan lebih aktual. 

Meski begitu sedikit informasi tersebut tentunya bisa menjadi bahan awal dalam membuat pertimbangan-pertimbangan yang diperlukan untuk menemukan ide bisnis yang benar-benar bagus untuk dijalankan.  Semoga gambaran peluang bisnis warung mie di atas bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan. Salam sukses!

Usaha Sederhana Warung Indomie Modal Kecil Untung Berlipat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko