Monday, April 10, 2017

Usaha di Bidang Peternakan, Analisa Peluang dan Faktor Pendukung

Peluang Sukses Usaha Peternakan yang Menjanjikan -  Salah satu jenis usaha yang masih memiliki peluang cukup bagus dan menjanjikan adalah usaha peternakan. Hasil usaha peternakan ini pada umumnya masih banyak sekali di butuhkan oleh masyarakat dari berbagai kalangan.


Bahkan bisnis atau usaha peternakan ini banyak yang memiliki nilai jual produk yang cukup menggiurkan. Jika kita memang sedang mencari ide untuk usaha yang bagus atau usaha yang berpeluang maka kita bisa mempertimbangkan jenis usaha peternakan ini. Mau tahu kenapa?

Coba kita perhatikan berbagai produk usaha peternakan, apakah semakin lama semakin sedikit permintaannya, tidak bukan? Justru malah sebaliknya, kebanyakan hasil produk peternakan memiliki permintaan pasar yang terus saja meningkat seiring pertumbuhan penduduk.

Tengok saja produk susu dari peternakan sapi perah atau ternak kambing semakin hari bukannya semakin banyak? Lihat pula kebutuhan daging ayam potong atau telor ayam, tetap tinggi setiap harinya bukan?

Kondisi tersebut memberikan gambaran jelas bagi kita bahwa produk dari usaha peternakan masih memiliki posisi yang cukup strategis di masyarakat. Maka dari itu secara otomatis peluang usaha peternakan pun juga masih memadai untuk ditekuni.

Bukti bagusnya prospek usaha ini juga bukan hanya bisa dilihat dari sisi permintaan produk yang tinggi tetapi dapat juga dilihat dari banyaknya pelaku usaha yang menekuni bidang usaha ternak tersebut.

Kalau dilihat dari jumlah pengusaha ternak yang begitu banyak tentu kita bisa mendapatkan gambaran bahwa usaha ini memang benar bisa memberikan keuntungan yang cukup bagus.

Seperti kita ketahui, usaha peternakan adalah salah satu usaha yang cocok di desa dan memiliki potensi yang cukup luas. Maka dari itu tak salah jika kita coba mengkaji lebih dalam mengenai seberapa besar peluang atau prospek usaha tersebut jika kita laksanakan.

Disini kita akan menganalisis beberapa aspek yang mempengaruhi besar kecilnya peluang tersebut. Faktor yang mempengaruhi prospek usaha peternakan antara lain seperti di jelaskan di bawah ini.

1. Lokasi atau lahan peternakan
Jenis usaha peternakan memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap lokasi atau lahan yang digunakan. Dalam hal ini lahan atau lokasi peternakan harus dapat secara penuh mendukung berbagai kebutuhan ternak dan peternakan yang dijalankan.

Usaha peternakan ini umumnya membutuhkan lahan yang cukup luas, tenang dan terpisah dari pemukiman penduduk. Lahan tersebut juga harus memiliki ketersediaan pakan alami yang bisa menunjang kebutuhan hidup ternak.

Lingkungan lokasi lahan ternak tersebut harus sehat, memiliki sirkulasi udara yang bagus dan juga memiliki akses jalan yang cukup memadai. Selain itu di lingkungan peternakan juga harus dilihat bagaimana ketersediaan pekerja yang mungkin akan dibutuhkan.

Untuk mendapatkan peluang yang bagus maka usaha peternakan haruslah ditempatkan di lingkungan yang benar-benar dapat mendukung segala kebutuhan dan keperluan peternakan tersebut.

2. Hambatan dan kesulitan usaha
Hal kedua yang akan mempengaruhi prospek usaha ini adalah hambatan dan keksulitan dimana hambatan dan kesulitan ini akan berhubungan dengan tingkat kesuksesan kita dalam menjalankan usaha tersebut.

Perlu kita ketahui, usaha ternak merupakan salah satu usaha yang memiliki resiko tinggi yang umumnya berasal dari adanya penyakit pada hewan ternak dan hal lain yang bisa mengancam ternak yang di pelihara.

Karena itulah kita harus mempelajari juga hambatan apa saja yang akan dihadapi usaha ini kedepan. Hambatan tersebut bisa saja terjadi dari berbagai faktor, mulai dari pemeliharaan dan perawatan ternak, pemasaran dan lain sebagainya. Semakin sedikit hambatan dan kesulitan yang dimiliki oleh usaha ternak maka akan semakin tinggi tingkat peluangnya.

3. Tingkat persaingan dan kebutuhan pasar
Persaingan dan kebutuhan pasar juga akan menentukan atau mempengaruhi jalannya usaha yang kita dirikan. Semakin ketat persaingan maka resiko kita akan semakin tinggi dan semakin kecil persaingan maka semakin besar pula asumsi keberhasilan yang bisa kita dapatkan.

Maka dari itu sebaiknya sebelum menentukan pilihan sebaiknya kita pelajari juga kondisi persaingan di pasar. Selain itu permintaan pasar akan produk peternakan yang kita hasilkan juga akan mempengaruhi prospek usaha ini.

Semakin tinggi permintaan maka akan semakin bagus. Oleh karena itu kita dapat mencari informasi akurat mengenai permintaan pasar tersebut dari waktu ke waktu.

Itulah sedikit gambaran mengenai peluang sukses usaha peternakan yang bisa kita bahas kali ini. Ingat, secara umum usaha ternak memiliki peluang yang menjanjikan dan sudah banyak yang mampu meraih untung ratusan juta dari usaha ini.

Meski begitu sebelum menjalankan usaha ini kita harus membuat analisa terlebih dahulu tentang prospek usaha tersebut dan juga membuat perencanaan yang matang. Mudah-mudahan sedikit ulasan ini bisa bermanfaat!

Usaha di Bidang Peternakan, Analisa Peluang dan Faktor Pendukung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irma Handoko